Buruan Daftar Kartu Prakerja, Dapatkan Bantuan Rp 3.550.000 Perorang

Jakarta-CelebesToday. Pendaftaran Kartu Prakerja resmi dibuka oleh pemerintah mulai per hari ini, Sabtu (11/4/2020).

Pendaftaran untuk mrndapatkan Kartu Prakerja 2020 bisa dilakukan secara online (daftar Kartu Prakerja) di laman resmi www.Prakerja.go.id.

Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif. Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.

Dikutip dari laman www.prakerja.go id, Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya.

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan.

Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.

Solusi Kartu PraKerja diharapkan Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan, Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan, Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan mismatch dan Menjadi komplemen dari pendidikan formal.

CARA DAFTAR

LANGKAH 1

Daftarkan dirimu

Sebelum daftar, pastikan kamu:

WNI Minimal berusia 18 tahun, dan Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Setelah daftar, data kamu akan diverifikasi

LANGKAH 2

Tes Motivasi dan Matematika Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat tulis seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Memilih Pelatihan
Setelah kamu berhasil memiliki Kartu Pra Kerja yang didapat setelah melakukan pendaftaran di laman prakerja.go.id, kamu bisa mengikuti pelatihan dan pemerintah akan memberikan uang insentif sebagai biaya pelatihan yang akan kamu ikuti.

Sementara jenis pelatihan dan metode pelatihan dipilih sendiri oleh pemilik kartu, apakah pelatihan mau secara online atau secara offline, pelatihan dipilih lewat plaform digitar mitra, seperti Tokopedia, Ruang Guru, Bukalapak, Pintaria, Mau Belajar Apa, Sekolahmu, Sisnaker dan Pijar Mahir. Kamu akan mendapat saldo secara non tunai melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Setelah pendaftaran kartu pra kerja selesai di laman prakerja.go.id, peserta diharuskan memilih pelatihan yang akan diikuti. Peserta bisa memilih jenis pelatihan melalui layanan SISNAKER lalu membayar biaya pelatihan menggunakan saldo yang didapat dari Kartu Pra Kerja.

Mengikuti Pelatihan
Setelah selesai menentukan jenis pelatihan yang akan diikuti, kamu (peserta) tinggal mengikuti pelatihan yang bisa dilakukan baik secara online maupun secara offline. Begitu pelatihan selesai diikuti, kamu (peserta) akan mendapat sertifikat sesuai jenis pelatihan yang kamu ikuti di lembaga yang memberikan pelatihan.

Setelah selesai mengikuti pelatihan, kamu (peserta) akan mendapatkan uang insentif senilai Rp 600 ribu dan akan kamu terima selama 4 kali. Pemerintah juga akan menambah uang insentif sebesar Rp 50 ribu untuk biaya survey kebekerjaan sebanyak tiga kali. Survei kebekerjaan dilakukan setelah selesai mengikuti pelatihan.

Kabar baiknya, selama masa pandemi virus corona atau covid-19, peserta penerima manfaat kartu Prakerja akan mendapat uang total senilai Rp 3.550.000. Rinciannya sebagai berikut: Untuk biaya pelatihan Rp1.000.000, untuk insentif penuntasan pelatihan senilai Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan, dan terakhir insentif survei kebekerjaan senilai Rp 150 ribu/bulan.

Setelah pandemi corona berakhir, maka besaran uang yang diterima akan kembali menjadi Rp 650 ribu perbulan. Dana untuk program kartu Prakerja ini akan diberikan secara non tunai bisa melalui platform OVO, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI).

(red)

2 tanggapan untuk “Buruan Daftar Kartu Prakerja, Dapatkan Bantuan Rp 3.550.000 Perorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.