Dishub Takalar Gelar Pengobatan Gratis

Takalar – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Takalar menggelar cek kesehatan dan pengobatan gratis untuk sopir angkutan umum di Terminal Induk Takalar, Selasa (19/01/2021).

Ini dilakukan untuk menjaga kondisi para sopir dalam kondisi prima, sekaligus dalam rangkaian menyambut HUT Kab. Takalar ke 61 Tahun.

Terlihat pemeriksaan kesehatan digelar di Cek Poin Terminal Takalar.

Para sopir angkutan yang masuk ke terminal, sambil menunggu penumpang, dicek kesehatan terlebih dulu.

Bukan hanya sopir, tapi juga penumpang dan masyarakat sekitar terminal juga bisa memeriksakan kesehatan gratis. Umumnya mereka mengeluh pusing, sakit kepala dan tensi tinggi. Petugas langsung memberikan obat untuk meredakannya.

Kadishub Kab. Takalar H. Muh. Yasin Ibrahim menuturkan, salah satu faktor kecelakaan adalah human error. Pengemudi atau sopir angkutan tidak diperbolehkan beroperasi dalam keadaan sakit, ngantuk apalagi mabuk.

“Cek kesehatan dan pengobatan gratis ini dilakukan guna menjamin pengemudi angkot dalam kondisi prima. Sehingga penumpang bisa dengan tenang menggunakan jasa angkutan,” ujar Kadishub.

Menurut H. Muh. Yasin Ibrahim, pengecekan kesehatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Takalar. Yang diperiksa meliputi tekanan darah, cek darah dan pengecekan kesehatan dasar lainnya tentunya sesuai dengan Protokol Kesehatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan  Dishub Takalar Amirullah Rahman menambahkan, bila ditemukan sopir angkot yang sakit serta tidak mengindahkan Prokes, tapi memaksakan beroperasi, pihaknya akan langsung menghubungi perusahaan / Organda dan minta sopir pengganti serta Menghentikan Izin Operasional Angkutan tersebut sebelum memenuhi Persyaratan Prokes yg telah di tetapkan sesuai Regulasi demi Terciptanya Moda Transportasi Yang Aman dan nyaman.

“Bila ditemukan Sopir dalam kondisi Sakit, Langsung menyarankan pengemudi  untuk istirahat, bila perlu diantar pulang oleh petugas. Karena keselamatan lebih utama,” ucapnya.

Menurutnya cek kesehatan ini tak hanya akan dilakukan pada hari ini, namun secara berkala.

Salah seorang sopir angkot, Daeng Naba mengatakan pengecekan ini sangat bagus sehingga ia mengetahui kondisi kesehatannya. Ia mengaku sesekali sering mengalami pusing. Setelah diperiksa tekanan darah cukup tinggi. “Ya kegiatan ini bagus, cek kesehatan gratis. Tadi tekanan darah lumayan agak tinggi, tapi tidak apa-apa,” ucapnya.

 

 

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.