Zero Stunting, Hari Gizi Nasional Ke 62 Tahun 2022, Dinas Kesehatan Kab. Takalar Bagi-Bagi Buah

Takalar, Celebestoday.com – Memperingati hari gizi Nasional (HGN) ke 62 Tahun 2022 Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar dalam hal ini Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanakan kegiatan berbagi buah – buahan di depan kantor Bupati Takalar dengan mengusung tema aksi bersama cegah Stunting dan obesitas serta mempunyai slogan Gizi seimbang, keluarga sehat, Negara kuat

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat H. Sapri, SKM., S. Kep. Ns., M. Kes Menuturkan, Pembangunan kesehatan merupakan investasi utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, saat ini Indonesia tengah menghadapi beban ganda masalah gizi, di satu Sisi Indonesia menghadapi masalah gizi kurang yang berdampak pada kondisi tubuh yang pendek atau Stunting dan kurus, di sisi lain dihadapkan pada masalah gizi lebih yakni obesitas atau kegemukan.

“Dalam rangka peringatan hari Gizi Nasional yang ke 62, marilah kita bersama cegah Stunting dan Obesitas dengan cara gizi seimbang yang dimulai dari 1000 HPK ( Hari pertama kehidupan, ASI Esklusif) Membangun Gizi berarti membangun kecerian dan kesehatan,” Tutur H. Sapri

Ia menambahkan, Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurang gizi kronis dan Deteksi infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh peraturan menteri kesehatan nomor 2 tahun 2020 tentang standar Antropometri anak Stunting dapat disebabkan karena kurangnya asupan gizi serta kurangnya pengetahuan orang tua akan pentingnya kesehatan dampak Stunting pada anak.

“ Jagai anakta dan keluargata dengan asupan gizi yang baik,” jelas H. Sapri

Hal senada, Ketua PERSAGI Kabupaten Takalar Asmini Yuddin, SKM., M.Si. Menambahkan, sesuai tema HGN yaitu aksi bersama cegah stunting dan obesitas, sehingga harapan kita bukan cuma petugas kesehatan saja dan bukan cuma petugas gizi yang menyebarluaskan tentang pencegahan stunting tetapi semua sektor termasuk media.

“semua stake holder harus bersama – sama untuk mencegah stanting dan mengkonsumsi makanan bergizi.” Tambahnya Asmini Yuddin

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar Dr Rahmawati menambahkan, dengan Hari Gizi Nasional (HGN) ini mari kita jadikan Takalar Zero Stunting.

“ Semoga kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Hari Gizi Nasional ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat, serta mampu menurunkan angka stunting di Kabupaten Takalar sehingga mampu menciptakan generasi masa depan yang lebih berkualitas.” Tutupnya Rahmawati Kadis Kesehatan Takalar.

(Mr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.